Struktur Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Pengelola Sekolah

Klik gambar untuk melihat dalam format *pdf.

TUGAS POKOK

DAN FUNGSI PENGELOLA SEKOLAH

===========================================

KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM).

  • Kepala Sekolah selaku edukator bertugas melaksanakan proses pengajaran secara efektif dan efisien.
  • Kepala Sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
  • Menyusun perencanaan
  • Mengorganisasikan kegiatan
  • Mengarahkan / mengendalikan kegiatan
  • Mengkoordinasikan kegiatan
  • Melaksanakan pengawasan
  • Menentukan kebijaksanaan
  • Mengadakan rapat mengambil keputusan
  • Mengatur proses belajar mengajar
  • Mengatur administrasi Katatausahaan, Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana, Keuangan
  • Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :
    • Perencanaan
    • Pengorganisasian
    • Pengarahan dan pengendalian
    • Pengkoordinasian
    • Pengawasan
    • Evaluasi
    • Kurikulum
    • Kesiswaan
    • Ketatausahaan
    • Ketenagaan
    • Kantor
    • Keuangan
    • Perpustakaan
    • Laboratorium
    • Ruang keterampilan – kesenian
    • Bimbingan konseling
    • UKS
    • OSIS
    • Serbaguna
    • Media pembelajaran
    • Gudang
    • 7K
    • Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya
  • Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenal :
    • Proses belajar mengajar
    • Kegiatan bimbingan
    • Kegiatan ekstrakulikuler
    • Kegiatan kerja sama dengan masyarakat / instansi lain
    • Kegiatan ketatausahaan
    • Sarana dan prasarana
    • Kegiatan OSIS
    • Kegaitan 7K
    • Perpustakaan
    • Laboratorium
    • Kantin / warung sekolah
    • Koperasi sekolah
    • Kehadiran guru, pegawai, dan siswa

WAKIL KEPALA SEKOLAH
Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sbb:

  • Penyusunan rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan
  • Pengorganisasian
  • Pengarahan
  • Ketenagakerjaan
  • Pengkoordinasian
  • Pengawasan
  • Penilaian
  • Identifikasi dan pengumpulan data
  • Pengembangan keunggulan
  • Penyusunan laporan

URUSAN KURIKULUM

  • Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan
  • Menyusun Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran
  • Mengatur Penyusunan PRogram Pengajaran (Program Semester, Program Satuan Pelajaran, dan Persiapan Mengajar, Penjabaran dan Penyesuaian Kurikulum)
  • Mengatur pelaksanaan program penilaian Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan dan Laporan Kemajuan Belajar Siswa serta pembagian Raport dan STTB
  • Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
  • Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
  • Mengatur Pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran
  • Mengatur Mutasi Siswa
  • Melaksanakan supervisi administrasi dan akademis
  • Menyusun Laporan

URUSAN KESISWAAN

  • Mengatur pelaksanaan Bimbingan Konseling
  • Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan)
  • Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi: Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Paskibra
  • Mengatur pelaksanaan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler
  • Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
  • Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olah Raga Prestasi
  • Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa

URUSAN SARAN DAN PRASARANA

  • Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
  • Merencanakan program pengadaannya
  • Mengatur pemanfaatan Sarana Prasarana
  • Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
  • Mengatur pembakuannya
  • Menyusun laporan

URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT

  • Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite dan peran komite
  • Menyelenggarakan bakti social, karyawisata
  • Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar seni)
  • Menyusun laporan

GURU MATA PELAJARAN

  • Membuat Perangkat Pembelajaran
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran
  • Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses Belajar, Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Akhir
  • Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
  • Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
  • Mengisi daftar nilai siswa
  • Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar
  • Membuat alat pelajaran / alat peraga
  • Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
  • Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
  • Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
  • Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
  • Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar
  • Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
  • Mengatur keberhasilan ruang kelas dan pratikum
  • Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan perangkatnya

WALI KELAS

  • Pengelolaan kelas
  • Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Denah tempat duduk siswa, Papan absensi siswa, Daftar pelajaran kelas, Daftar piket kelas,Buku absensi siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswa, pembuatan statistik bulanan siswa
  • Pengisian daftar kumpulan nilai (legger)
  • Pembuatan catatan khusus tentang siswa
  • Pencatatan mutasi siswa
  • Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
  • Pembagian buku laporan hasil belajar

GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

  • Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
  • Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
  • Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam Kegiatan belajar
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
  • Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan
  • Menyusun Satatistik hasil penilaian B.K
  • Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
  • Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan dan Konseling
  • Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

PUSTAKAWAN SEKOLAH

  • Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronik
  • Pengurusan pelayanan perpustakaan
  • Perencanaan pengembangan perpustakaan
  • Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
  • Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
  • Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
  • Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
  • Menyusun Tata tertib perpustakaan
  • Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala

PENGELOLA LABORATORIUM

  • Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
  • Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
  • Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
  • Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
  • Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat laboratorium
  • Menyusun laporan pelaksanaan kagiatan laboratorium

KEPALA TATA USAHA

  • Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
  • Pengelolaan keuangan sekolah
  • Pengurus administrasi ketenagaan dan siswa
  • Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
  • Penyusunan administrasi perlengkapan
  • Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
  • Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara berkala
  1. MOCHAMAD ISNACHUN
    26 Agustus 2009 pukul 19:37

    Saya temen kuliah dari Pak Trisno Budi Utomo / Guru Mat / Alumni IKIP Negeri Smg, mohon disampaikan salam dari saya silahkan menghubungi saya di no HP 0818 299 266 atau telp rmh 024-356 3429 atau di kantor/sklhan kami SMKN 11 Smg telp 024-747 2008

  2. pak nardi
    8 Januari 2010 pukul 06:17

    bagus sekali

  3. SAMINGAN ABDULJALIL
    22 Juli 2010 pukul 08:26

    Wah bagus tenan strukturnya, kapan sekolahku begitu. Karena sklh ku baru lahir tiga TAHUN LALU JADI BARU ADA SEDIKIT PERSONIL DAN SISWANYA JUGA SEDIKIT

  4. 18 Januari 2011 pukul 10:34

    infonya menariikk

  5. 18 Januari 2011 pukul 10:36

    infonya menrikk

  6. 30 Juni 2011 pukul 09:47

    keren, pake wordpress ya…
    boleh sharing?
    ke rid_ha14@yahoo.co.id

  7. 26 Agustus 2011 pukul 23:58

    Aku akhir-akhir ini mulai blog , data yang Anda hadir di situs ini telah sangat membantu saya . Terima kasih untuk seluruh waktu u0026 bekerja.

  8. umar maulana
    6 September 2011 pukul 14:16

    keren habis info nya…

  9. umar maulana
    6 September 2011 pukul 14:23

    info nya keren pak……

  10. riza padli
    27 September 2011 pukul 15:46

    terima kasih pak… bapak buat… kami cuma bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi) … ini sangat membantu kami… sekali lg thanks ya pak…

    • 28 September 2011 pukul 16:29

      Terimkasih juga telah mampir di sini.

      • linda febri
        26 Januari 2013 pukul 03:06

        terima kasih banyak bwt SMPN 1 KARANGDADAP… dengan struktur organisasinya telah membantu sya menylesaikan tgas kuliah…. dan info-y sangat menarik

  11. ABDUL HAMID
    25 November 2011 pukul 11:36

    TLG DONK STRUKTUR ORGANISASI DI TINGKT SMP . APAKAH MENGGUNAKAN SISTIM WAKIL KEPSEK SEBAGAIMAN DI SMA?

  12. yanti
    4 Januari 2012 pukul 07:00

    Ijin copy untuk tuga kuliah ICT untuk pendidikan ya pak. Trims

  13. SMP Negeri 2 Menjalin
    5 Januari 2012 pukul 12:10

    Wah bagus sekali Struktur Organisainya. mohon informasinya tentang peraturan yang mengatur struktur organisasi sekolah khususnya SMP pak, karena selama ini yang kami gunakan satu Wakil Kepala Sekolah, kemudian yang lainnya kepala urusan (kurikulum, kesiswaan, humas, sarana prasarana). tetapi ada juga yang menggunakan seperti layaknya di SMA. terima kasih sebelumnya.

  14. budiarto
    13 Januari 2012 pukul 03:20

    baik.. n kalau ada bagi jg ttg struktur kelas

  15. ahadi
    29 Januari 2012 pukul 12:06

    Luar biasa.

  16. Zuay Icoet Way
    11 Mei 2012 pukul 16:30

    wahh… sangat bagus sekali susunan struktur skolahnya, dan sangat membantu saya dalam penyelesaian tugas kuliah saya….. ^_^

  17. hari
    3 Juli 2012 pukul 05:25

    blog ini sangat membantu saya dalam mempelajari sbuah organisasi lembaga sekolah, oh ya kalo tidak keberatan apabila ada info terbaru mohon sy di kirimi ke email Slam_hary28@yahoo.com

  18. afandi albab
    19 Juli 2012 pukul 14:15

    bagus untuk acuan bagi kepala sekolah yang baru mendirikan sekolah

  19. daniel medan
    26 Juli 2012 pukul 03:16

    SY MERASA SENANG,MENGETAHUI ADA SEKOLAH YG SEBAGUS BPK PUNYA. RAHASIANYA APA SIH PAK ? KOK SEKOLAH SY BLM BISA BEGITU…?

  20. daniel medan
    26 Juli 2012 pukul 03:20

    KEHADIRAN GURU2 NYA BGM PAK…? KRN SY DENGAR HAMPIR MEWABAH SECARA NASIONAL,BHW KEHADIRAN GURU DI KELAS SANGAT RENDAH. TOLONG BAGI2 ILMUNYA PAK.BIAR DI SKOLAH KAMI ADA KMAJUAN TTG ITU.

  21. JAUZI
    24 September 2012 pukul 02:02

    Alhamdulillah, Sangat bagus, kami sangat terbantu dengan informasi program kerja, semoga sekolah kami yang di desa mampu melaksanakan program kerja seperti disekolah bapak, sekali lagi terima kasih

  22. Rafdata
    30 September 2012 pukul 05:02

    Saya Muhammad Rafdata Nafala selaku Kepala MTs. Zainiyah d.a. Jl. Raya Masjid Al Ikhlas Tempel No. 16 Legok Gempol Pasuruan. Saya baru menjabat Posisi ini sekitar 1,5 bulan yang lalu. ini info yang sangat bermanfaat bagi saya, karena kondisi sekolah kami yang sangat minim dalam semua hal. mohon dukungan dan do’a restu agar amanah ini bisa kami laksanakan sebaik-baiknya. no. hp saya : 085755565955. terima kasih.

  23. Kalempau Lampaa
    26 Oktober 2012 pukul 01:00

    terimakasih bermanfaat sekali, hahaha yg anti struk org nyata bodohnya, sontoloyo

  24. 22 November 2012 pukul 00:03

    Dari cara ‘ngomentari’ dan dengan enaknya tidak menghargai karya orang bahkan mengatakan”KELEHATAN BODOHNYA” coba baca lagi “KELEHATAN BODOHYA” tidak hanya akhlak yang gak baik tetapi sebenarnya yang bodoh itu siapa?

  25. 14 Januari 2013 pukul 14:00

    terima kasih pak atas info struktur organisasinya,,,

  26. 21 Januari 2013 pukul 06:21

    thanks,terima kasih, hatur nuhun, matur nuwn
    ini bisa membuat sy lulus kuliah,hehehe……

  27. 28 Februari 2013 pukul 01:26

    Assalamu alaikum, pak apakah struktur itu sudah update sesuai PP 41 tahun 2007. dan tolong minta acuannya pak/ dasar aturan pembentukan struktur organisasi yang bapak maksud….tolong di kirim ke email andiwahidinbwsd@yahoo.com. terima kasih AYO MAJUKAN PENDIDIKAN INDONESIA

  28. 13 Maret 2013 pukul 23:28

    Bagus pak, sangat bermanfaat trmksh

  29. Rima Yanti
    1 April 2013 pukul 01:04

    tugas2 osis apaan sich ????
    yang tau harap coment !

  30. Nina Agustina
    11 April 2013 pukul 04:39

    apakah struktur organisasi tersebut juga merupakan struktur organisasi dalam pengelolaa pendidikan?

  31. 27 April 2013 pukul 12:15

    Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed reading it,
    you could be a great author.I will be sure to
    bookmark your blog and definitely will come back from now on.
    I want to encourage continue your great work,
    have a nice afternoon!

  32. 2 Juli 2013 pukul 02:36

    maaf, ini berdasarkan UU atau dikreasikan sekolah sendiri?

  33. 4 Juli 2013 pukul 23:47

    Heya i am for the first time here. I found this board
    and I find It really useful & it helped me out much.
    I’m hoping to present something back and aid others like you aided me.

  34. 9 Juli 2013 pukul 09:01

    I have been surfing online more than three hours lately, but I by no means found any
    attention-grabbing article like yours. It is lovely price sufficient
    for me. Personally, if all webmasters and bloggers made just right content
    as you did, the net will likely be a lot more useful than
    ever before.

  35. winarto
    12 Juli 2013 pukul 10:50

    waduh lo kyak gini n dilaksanakan ..school.is the best ..pokoe…

  36. Rudi andri
    21 Juli 2013 pukul 05:38

    waa..agus kali struktur, boleh ak copy yaa pak bwt struktur skolah kami yg baru berdiri.

  37. erma
    24 Juli 2013 pukul 07:23

    tks infonya sangat membantu sy

  38. 27 Agustus 2013 pukul 11:22

    haha hehe

  39. 1 September 2013 pukul 01:05

    Very good web page you’ve right here.

  40. esli
    18 September 2013 pukul 03:45

    Tks atas infonya mudah mudahan dapat dilaksanakan dgn baik

  41. mil_one
    20 September 2013 pukul 23:56

    bgus nie,,,blog. mMbntu skali dlam pncrian tgas sya..

  42. ana
    21 Oktober 2013 pukul 16:07

    (Y)

  43. syahidi
    4 November 2013 pukul 02:35

    minta struktur pmrnya bisa?

  44. 8 November 2013 pukul 02:49

    bagus banget pak, bolehkan kami mengadopsi? terima kasih

  45. Ady
    16 November 2013 pukul 00:27

    Bpk kepsek mana program kerjanya..jangka pendekl< menengah dan jg jangka panjang… jg program dan kegiatan supervisinya … ditunggu ya buat sharing atau dikirim ke email Adyoce@yahoo.co.id

  46. Ella dahlia
    25 November 2013 pukul 13:59

    Bagus sekali pak n sangat lengkap , kami dr mts d papua sangat membutuhkan info n banyak hal lagi . Mohon share d email saya . Makasih banyak

  47. tyas pratini
    11 Desember 2013 pukul 16:17

    KERENN…

  48. Nani
    31 Desember 2013 pukul 11:29

    Bagus sekali sangat bermanfaat, membantu dan menambah ilmu

  49. Nur Azizah
    8 Januari 2014 pukul 05:00

    ok banget. jazaakillah

  50. Saiful Labilang
    29 Januari 2014 pukul 04:09

    wah, jadi pangen balik lagi ke sekolah dulu.

  51. Saiful Labilang
    29 Januari 2014 pukul 04:10

    Saiful Labilang :
    Kapan sekolahku bisa punya struktur organisasi lengkap seperti ini????.

  52. 18 Maret 2014 pukul 19:58

    Today, I went to the beachfront with my children.
    I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She
    placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  53. 5 April 2014 pukul 08:26

    Wow, this post is fastidious, my younger sister is analyzing
    such things, therefore I am going to convey her.

  54. 9 April 2014 pukul 11:16

    Spot on with this write-up, I truly think this site
    needs far more attention. I’ll probably be returning to read through more, thanks for the information!

  55. 17 April 2014 pukul 22:27

    Woah! I’m really loving the template/theme of this website.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s difficult
    to get that “perfect balance” between usability and appearance.
    I must say you’ve done a great job with this.
    In addition, the blog loads very quick for me on
    Safari. Excellent Blog!

  56. legimin
    3 Mei 2014 pukul 13:42

    Terimakasih atas tipoksinya,mudah2an bermanfaat.Amin.

  57. 11 Juli 2014 pukul 06:02

    Hi there! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a
    few months of hard work due to no data backup.
    Do you have any methods to prevent hackers?

  58. 23 Juli 2014 pukul 14:05

    Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com

    Arya Flower
    Salam sukses

  59. 6 September 2014 pukul 00:28

    Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog website?
    The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your
    broadcast provided bright clear concept

  60. 15 September 2014 pukul 14:15

    What’s Going down i am new to this, I stumbled upon this I have discovered
    It positively useful and it has aided me out loads. I am
    hoping to give a contribution & help different users like
    its helped me. Good job.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: