KTSP

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan pendidikan tertentu tersebut mencakup tujuan  pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh karena itu, kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk disesuaikan dengan program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi daerah.

Pengembangan Kurikulum SMP 1 Karangdadap ini mengacu pada standar nasional pendidikan bertujuan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua unsur standar nasional pendidikan, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi SMP  1 Karangdadap dalam mengembangkan kurikulum.

Standar Isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006.

SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI, SKL, dan panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU No. 20/2003 dan PP No. 19/2005.

KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa sekarang dan akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah (MBS).

Selengkapnya di SINI.

  1. 13 Maret 2014 pukul 12:11

    hello!,I like your writing so so much! proportion we be in contact moore approximately your articoe on AOL?
    I require a specialist in this house to resolve my problem.
    Maybe that’s you! Taking a look ahead to seee you.

  2. 13 Maret 2014 pukul 13:09

    First off I want to say superb blog! I had a
    quick quuestion that I’d like to ask if you do not mind.
    I was curious to know how you center yourself and clear your head before
    writing. I’ve had difficulty clearing my thoughts iin getting my
    deas out there. I truly do enjoy writting but it just seems like the first 10 to 15 minutes are
    wasted simply just tryinng to figure out hoow to begin.
    Any ideas or tips? Thank you!

  3. 13 Maret 2014 pukul 14:31

    I think the admin of this web site is truly working hard inn support of his
    website, as here every material iis quality based information.

  4. 9 Oktober 2014 pukul 12:17

    Heya! I’m at work surfing around your blog from my new iphone 4!

    Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your
    posts! Keep up the great work!

  5. 30 Desember 2018 pukul 06:30

    I really enjoyed reading what you had to say. How many people could really believe in that sort of thing? Amazing tips and really simple to comprehend. I thinkI’m following along with what you’re saying. The article is a bit too advanced for me. So is there anything you’d recommend for those just starting out?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar