Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Menulis Buku Harian (Kelas VII)

Pengertian Buku Harian:
Setiap orang dalam kehidupan ini pasti mengalami berbagai pengalaman. Ada yang menarik, menjengkelkan, mengecewakan, bahkan membuat putus asa. Semua pengalaman tersebut dapat saja diungkapkan/dicurahkan kepada orang lain. Apakah itu teman, orang tua, guru, atau siapa saja. Jika tidak ada seseorang yang dapat mencurahkan pengalaman, bisa juga perasaan, pemikiran, bahkan hasil perenungan, kita bisa menuliskannya pada buku harian.

Lanjutannya di SINI.

Sumber: e-dukasi.net

=================================================

Menulis Iklan Baris (Kelas VII)

Perhatikan contoh-contoh iklan tersebut! Apakah menarik? Mengapa orang beriklan? Biasanya untuk memperkenalkan atau menjual sesuatu produk ataupun jasa banyak yang menggunakan iklan sebagai media komunikasi. Iklan bisa dimuat di media massa yakni surat kabar ataupun majalah, bisa juga dimuat media elektronika yaitu radio dan televisi, kini bahkan melalui internet. Iklan adalah sejenis alat komunikasi yang digunakan untuk memberitahukan dan mempengaruhi khalayak yang disampaikan secara menarik.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa.

Lanjutannya di SINI.

Sumber: e-dukasi.net

=================================================

Menulis Kreatif Naskah Drama (Kelas VII)

Kamu pasti pernah menonton sebuah film atau sinetron, ya?

Nah, apakah kejadian atau peristiwa yang ada dalam sinetron atau film yang kamu tonton tersebut sama dengan kejadian atau peristiwa yang ada dalam dunia nyata?

Pada dasarnya, film dan sinetron adalah bagian dari drama, atau disebut juga drama modern. Perbedaan antara sinetron/film dan drama hanya pada latar cerita. Latar cerita sebuah drama adalah pentas/panggung, sedangkan latar cerita sinetron atau film adalah tempat yang senyatanya. Jadi, sebuah tiruan kejadian atau peristiwa hidup manusia yang disajikan/dilakonkan di atas pentas atau di tempat yang senyatanya dapat dikatakan sebagai sebuah drama.

Lanjutannya di SINI.

Sumber: e-dukasi.net

=================================================

Menulis Petunjuk (Kelas VII)

Petunjuk PemesananDalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu sering membaca sebuah petunjuk seperti yang ada pada gambar di samping.  Terlebih lagi, kamu pasti pernah membaca petunjuk atau aturan  yang  tertulis  pada benda-benda di samping, kan? Atau, petunjuk-petunjuk yang lain, baik  petunjuk memakai obat  maupun petunjuk melakukan sesuatu, misalnya, petunjuk yang terdapat pada strip obat,  membuat  puding, dan menggunakan peralatan rumah tangga, seperti menggunakan kompor gas.

Lanjutannya di SINI.

Sumber: e-dukasi.net

  1. 18 April 2012 pukul 12:49

    Salam kenal Bapak/ibu guru SMP N I.

  2. 15 Oktober 2012 pukul 07:43

    Thank”s saya suka dan senang semoga bisa dimuat tuk semua kelas sehingga tman@ bisa terbantu…oke

  3. 29 Oktober 2012 pukul 01:30

    Tampilan web sekolah Bapak cukup bagus, tingkatkan terus dan perlu adanya dukungan dari semua pihak sekolah untuk mengisi bagian-bagian halaman yang sesuai.
    Salam kenal dari kami

  4. 28 Juni 2013 pukul 16:03

    Den … sekolahmu bagus. Tu yg nbuat n proses Anda semua smpai uploadnya. Hebat.

  5. 17 September 2014 pukul 06:57

    Top markotop dah

  6. dewi suryakasih
    24 April 2015 pukul 04:16

    sukses terus buat SMPN 1..
    salam kenal dari kami

  7. 9 November 2016 pukul 08:23

    Great post. I was checking continuously
    this weblog and I’m inspired! Very useful info particularly
    the remaining part 🙂 I care for such information much.
    I used to be looking for this particular info for a long time.
    Thanks and best of luck.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar